Yuk, Mengenal Berbagai Motif Batik Khas Cimahi - Info Cimahi
Headlines News :
Home » » Yuk, Mengenal Berbagai Motif Batik Khas Cimahi

Yuk, Mengenal Berbagai Motif Batik Khas Cimahi

Written By Cimahi City on 2013/12/01 | 19.00


Dalam bahasa Sunda, nama Cimahi berarti air yang cukup. Kota Cimahi terletak di antara Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat. Kota Cimahi mendapat julukan sebagai "Kota Tentara" karena di kota ini banyak pusat pendidikan untuk tentara. Namun kali ini kita akan membahas mengenai Batik Cimahi. Batik Cimahi termasuk jenis batik baru. 

Tetapi ini bisa menjadi pemicu yang memotivasi para seniman Batik Cimahi untuk terus berkreasi dan bisa mengembangkan motif batik khas Cimahi. Terbentuk pertengahan tahun 2008 dan diperkenalkan pertengahan tahun 2009 bertepatan dengan hari ulang tahun kota Cimahi yang ke-8. 

Ide untuk mengembangkan Batik Cimahi dimulai karena keprihatinan beberapa seniman Cimahi yang peduli terhadap perkembangan budaya tradisional di kota Cimahi. Batik kota Cimahi tumbuh atas prakarsa Bapak Drs. Adang Kosasih (alm) dan Ibu Itoch Tochiya dari Dekranasda Kota Cimahi.

Batik Cimahi pertama kali dibuat melalui suatu kompetisi yang diadakan oleh Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) kota Cimahi yang diketuai oleh Ny. Atty Suharti Tochija. Kompetisi ini sendiri merupakan hasil sarasehan yang diikuti oleh tokoh masyarakat, seniman, pengusaha, dan unsur Dekranasda kota Cimahi lainnya. 

Dengan adanya kompetisi ini, identitas kota Cimahi pun akan terangkat melalui hasil kreativitas masyarakatnya sendiri.Dalam kompetisi ini, ada sekira 80 motif yang diterima oleh panitia, namun tidak semua motif ini cocok untuk dijadikan motif kain batik Cimahi. 

Setelah melalui satu seleksi yang cukup ketat, akhirnya terpilihlah lima motif batik yang dinilai paling sesuai dan cocok untuk dijadikan motif Batik Cimahi. Kelima motif itu adalah motif Cirendeu, Ciawitali, Curug Cimahi, Pusdik, dan Kujang.


Motif Cireundeu
Motif Cirendeu yang dibuat oleh Dadang lebih mewakili masyarakat adat Kampung Cirendeu yang terletak di wilayah Leuwigajah, Cimahi Selatan. Singkong atau sampeu yang merupakan makanan pokok pengganti nasi bagi masyarakat sekitar selama 80 tahun, telah menjadi inspirasi untuk menciptakan motif batik. Jadi, pada motif Cirendeu ini, motif daun singkong dan ketela lebih mendominasi.






Motif Ciawitali
Motif Ciawitali yang diciptakan oleh Didi Sahadi didominasi oleh lukisan bambu dan anyamannya. Inspirasinya datang dari seorang warga Cimahi yang merupakan penggagas Asosiasi Bambu Sedunia. Ciawitali sendiri merupakan nama suatu kampung di Kecamatan Cimahi Tengah yang banyak ditumbuhi rumpun bambu.





Motif Curug Cimahi
Motif Curug Cimahi adalah nama air terjun kebanggaan warga Cimahi yang terletak di kawasan Cisarua. Meskipun kawasan tersebut kini sudah termasuk wilayah Kabupaten Bandung Barat, namun nama Curug Cimahi sudah sedemikian melekatnya dengan warga Cimahi sehingga menjadi salah satu inspirasi pembuatan motif batik.









Motif Pusdik
Motif Pusdik terinspirasi dari banyaknya Pusat Pendidikan (Pusdik) militer di kota Cimahi. Meskipun tergolong kota kecil, namun Pusdik ini mencapai angka belasan sehingga membedakan kota Cimahi dengan kota-kota lain yang ada di Jawa Barat. Pada motif Pusdik, terlukis berbagai aktivitas pendidikan militer seperti latihan perang, motif Kawah Candradimuka yang merupakan simbol pendidikan militer, dan lain-lain.







Motif Rereng Kujang
Motif Kujang Cakra
Motif Kujang merupakan senjata tradisional khas Jawa Barat. Motif
Kujang ini dibuat oleh Muhammad Yaser. Ada dua jenis motif Kujang yang ada pada batik Cimahi, yaitu motif Rereng Kujang dan kujang Cakra.







Motif Kuncup
Terdapat juga motif lainnya yaitu Motif Kuncup, motif ini dipilih sebagai salah satu tema batik khas Cimahi, karena kata kuncup diambil dari bunga yang sedang kuncup.










Batik Cimahi kini semakin berkembang dikarenakan Pemda kota Cimahi mewajibkan seluruh pegawainya untuk mengenakan batik dengan motif khas kota Cimahi, begitupula dengan sekolah-sekolah yang ada di sana pada setiapa hari Jum’at.
Jika anda berwisata ke Kota Cimahi, sempatkanlah mampir ke Lembur Batik Cimahi yang berada di Jalan Pesantren Kelurahan Cibabat, Kota Cimahi dan Batik Anggraini beralamat di jln. Gunung Krakatau no.4 Cimahi Utara. Disana anda akan menemukan beragam batik motif khas Cimahi beserta proses pembuatannya.


Sumber: http://fitinline.com/article/read/batik-cimahi


Share this article :

3 komentar:

  1. artikelnya sangat bagus...klau mau beli betik yg lengkap di mana yah gan..???

    mobil jogja

    BalasHapus
  2. thanks infonya mas. sangat bermanfaat :)

    Rental Mobil

    BalasHapus

 
Support : Copyright © 2011. Info Cimahi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger