Longsor Terjang Kecamatan Rongga KBB, Satu Orang Tewas - Info Cimahi
Headlines News :
Home » » Longsor Terjang Kecamatan Rongga KBB, Satu Orang Tewas

Longsor Terjang Kecamatan Rongga KBB, Satu Orang Tewas

Written By Cimahi City on 2013/12/21 | 15.00


Usep (48), warga Kampung Pasir Janggot RT 3 RW 14 Desa Cibitung, Kecamatan Rongga tewas setelah tertimbun tanah longsor pada Kamis (19/12/2013) dinihari. Longsor tersebut membuat rumah Usep hancur dan tiga rumah warga lainnya rusak berat.

Menurut Rustandi Engkon (35), seorang warga, longsor terjadi pada pukul 01.00 dinihari. "Ada getaran tanah terasa serta bunyi pepohonan yang terdengar patah. Tiba-tiba tanah bergerak," ujarnya saat ditemui "PRLM" di lokasi kejadian, Kamis (19/12/2013). 

Saat keluar dari rumahnya, Rustandi melihat rumah Usep telah tertimbun tanah dan material bangunan. "Yang punya rumah berteriak sehingga warga langsung melakukan pertolongan dengan menggali dan menyingkirkan tanah," ucapnya.

Namun nahas, nyawa Usep tak tertolong setelah berhasil dievakuasi warga dari timbunan tanah dan puing-puing rumahnya yang runtuh.

"Sedangkan isteri Usep, Elom (40) serta sang anak Neneng (20) menderita luka ringan," kata Rustandi.
Sementara itu, beberapa warga lain yang tinggal ditiga rumah yang turut diterjang longsor dalam kondisi selamat. Rustandi mengaku tak melihat tanda akan terjadinya musibah sebelum kejadian.

"Sebelumnya tak ada retakan tanah. Hanya hujan lebat yang terus mengguyur kampung," ucapnya. 

Berdasarkan pantauan "PRLM", lokasi rumah korban longsor berada di tebing bukit. Tak pelak, pergerakan tanah pada tebing berdampak kerusakan dan kehancuran rumah warga disekitarnya. 

Puing rumah yang hancur dan rusak terlihat dikumpulkan oleh warga dibantu anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB, TNI, Polri. 

Satu Bekchoe atau alat berat juga mengeruk timbunan tanah yang menutup jalan. Selain korban jiwa, longsor sempat memutus akses jalan Cipongkor menuju Gunung Halu serta Rongga. Begitu pun dari arah sebaiknya.

Setelah dilakukan pengerukan, pada pukul 13.30 WIB, jalan kembali bisa dilalui warga. Tak hanya Kampung Janggot, sejumlah tempat lain di wilayah Desa Cibitung juga mengalami longsor seperti Cisarua, Cibaros, Sukamanah, Citali, Batununggul, Pasir Dadali. Setelah dilakukan pengerukan, pada pukul 13.30 WIB, jalan kembali bisa dilalui warga. (A-201/A-89)***

Sumber: http://www.pikiran-rakyat.com/node/263014
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Copyright © 2011. Info Cimahi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger